Sabtu, 12 Januari 2013

Ada Jeruk Lemon Semanis Jeruk Mandarin

thumbnail
Jakarta - Sekilas, buah ini tampak seperti lemon biasa, namun bentuknya agak lebih bulat. Rasanyapun manis segar seperti jeruk mandarin, tak seperti lemon yang asam menyengat dan agak pahit. Buah apakah ini?

Nama buah asal Cina ini Meyer lemon. Kulitnya harum dan tipis. Warnanya kuning dan menjadi oranye cerah ketika matang, sementara dagingnya berwarna kuning gelap dan mengandung sekitar 10 biji. Karakteristiknya yang unik merupakan hasil persilangan antara lemon dan jeruk mandarin.

Meyer lemon diperkenalkan ke Amerika Serikat pada 1908 oleh Frank Meyer, karyawan departemen pertanian Amerika Serikat. Ia mengumpulkan sampel tanaman lemon manis ini saat berkunjung ke Cina. Kini, Meyer lemon sudah mulai diperkenalkan ke Inggris.

Di AS, Meyer lemon diperkenalkan kembali oleh Chef Alice Waters saat revolusi California Cuisine. Masyarakat luas semakin mengenal buah ini setelah Martha Stewart menggunakannya dalam resep-resepnya.

Meyer lemon populer sebagai aksesoris kuliner dan banyak dipakai untuk cake maupun cocktail. Menurut Daily Mail (12/01/13), meski bisa dimakan seperti jeruk biasa, Meyer lemon lebih enak diiris tipis.

Sementara itu, di Cinam Meyer lemon lebih umum ditanam dalam pot sebagai pohon hiasan. Pohonnya mulai berbuah setelah empat tahun, dan bisa menghasilkan ribuan lemon. Meski berbuah sepanjang tahun, sebagian besar buahnya siap dipanen saat musim dingin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar